Selasa, 22 November 2011

-PUASA-

Puasa itu ada tiga macam yaitu Puasa wajib, Puasa sunnah, Puasa haram. Pada kali ini saya hanya akan membahas tentang PUASA WAJIB.
Puasa wajib adalah puasa yang jika kita melaksanakannya mendapat pahala, dan apabila kita tinggalkan mendapatkan dosa. Puasa wajib diantaranya puasa pada bulan Ramadhan., puasa Kifarat, dan puasa Nazar.

Puasa ramadhan jelas kita wajib melaksanakannya karena Allah SWT telah berfirman pada ayat-ayatNya, yaitu pada QS. Al- Baqarah : 183. Bahwasanya kita harus melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan jika kita sudah dewasa (Baligh) dan mampu melaksanakan puasa Ramadhan satu bulan penuh.

Puasa  Kifarat adalah puasa denda diberlakukan untuk suami istri yang melakukan hubungan suami istri di siang hari pada bulan Ramadhan. Dendanya adalah puasa 2 bulan penuh berturut-turut.

Puasa Nazar adalah puasa yang dilakukan karena kita telah mengatakan nazar (janji). Jika keinginan kita terpenuhi, maka nazar kita itu wajib dilakukan. Tetapi sebaliknya, jika nazar kita tidak terpenuhi maka tidak wajib bagi kita melaksanakan puasa nazar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar